Pengertian, Manfaat Perlindungan terhadap Aspek-Aspek (Confidentiality, Integrity, Availabiity) pada Information Security Management System (ISMS)


Related image·       
         
  •       Pengertian Information Security Management System (ISMS)

Merupakan sebuah sistem perencanaan manajemen yang berkaitan dengan berbagai keamanan informasi, secara tidak langsung ISMI adalah suatu organisasi yang dibuat untuk merancang, menetapkan, dan juga menjaga suatu sistem agar integritas dan kerahasiaan aset-aset informasi tetap terjaga dengan baik dan menghindari dari segala macam ancaman keamanan.

Standar ISMS ISO/IEC 27001 dan ISO/IEC 27002 serta segala standar-standar terkait yang diterbitkan bersama oleh ISO dan IEC. Standar tersebut mencakup beberapa tipe organisasi seperti agen pemerintahan, perusahaan komersial, dan juga seluruh bisnis dari usaha bisnis kecil hingga perusahaan multinasional.

  • ·         Beberapa Aspek Service Keamanan Dalam Informasi  :


1.     Information Confidentiality (Kerahasiaan)
Merupakan aspek pencegahan untuk memastikan informasi hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki akses atau berkepentingan. Semua itu dilakukan untuk menghindari terjadinya kebocoran informasi kepada pihak yang tidak bertanggung jawab, serta terjaminnya kerahasiaan informasi yang terkirim, diterima, dan terseimpan.

2.     Information Integrity (Integritas)
Merupakan aspek pencegahan dari segala bentuk penghapusan dan perubahan informasi yang kita miliki oleh orang yang tidak memiliki akses atau berkepentingan. Semua itu dilakukan untuk menjaga keaslian dan keakuratan informasi tersebut.

3.     Information Availability (Ketersediaan)
Merupakan aspek pencegahan untuk memastikan bahwa para pengguna memiliki hak akses untuk informasi tersebut dan menjamin ketersediaan data ketika dibutuhkan oleh pemilik akses. Semua itu dilakukan agar orang-orang yang tidak memiliki akses tidak dapat mengakses informasi tersebut.

  • ·         Manfaat


1.     Terjaminnya segala informasi bisnis yang anda miliki, dan menghindari timbulnya gangguan atau kebocoran informasi terkait bisnis anda.


2.      Berkat ISO 27001 mengharuskan para pemilik perusahaan untuk meningkatkan keamanan informasi dari setiap perusahaan. Hal ini sangat berguna karena dapat membuat para pemilik perusahaan mengetahui dengan pasti jumlah keamanan yang dibutuhkan.

3.      Operasional dari perusahaan ataupun organisasi dapat berjalan dengan lebih baik berkat tugas dan tanggung jawab dapat terdefinisi dengan jelas.


CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top