Systems Development Life Cycle (SDLC) Dan Contoh Setiap Tahapan

Related image



  •       Pengertian Systems Development Life Cycle (SDLC)

Merupakan Siklus Hidup Pengembangan Sistem yang proses terbentuknya digunakan untuk mengembangkan segala sistem. Secara tidak langsung SDLC dapat disimpulkan sebagai siklus pembangun sistem untuk diberikan kepada para pengguna melalui beberapa tahapan, yaitu perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, dan pemeliharaan. Tujuan segala tahapan tersebut adalah untuk memberikan hasil output sistem yang berkualitas dan  memenuhi segala kebutuhan para penggunanya. Untuk menggunakan SLDC dibutuhkan data awal pengguna untuk mempermudah segala tahapan-tahapan pembangunan sistem, dengan demikian SLDC dapat memahami bagaimana sistem informasi yang dapat mendukung segala kebutuhan bisnis para penggunanya.

  • ·      Proses Tahapan-Tahapan  System Development Life Cycle (SLDC) :


1.     Planning (Perencanaan)
Fase Perencanaan merupakan tahapan pertama dimana harus memahami alasan utama tujuan dibangunnya sistem. Selain itu diperlukan analisa data dan melakukan observasi langsung kepada pengguna, dengan cara tersebut diharapkan dapat menentukan pengembangan apa yang terbaik untuk sistem pengguna.

2.     Analysis (Analisis)
Fase Analisis merupakan tahapan kedua dimana terjadinya proses investigasi atau penyelidikan terhadap sistem yang sedang dikerjakan dengan tujuan mengetahui bagaimana pengguna menggunakan sistem, bagaimana sistem berkeja, dan berapa lama sistem dapat digunakan oleh pengguna.

3.     Design (Perancangan)
Fase Perancangan merupakan tahapan ketiga dimana perancangan-perancangan dan menentukan kerja sistem mulai dilakukan seperti desain arsitektur, interface desain, desain program, membuat skema pada database, dan spesifikasi file. Proses ketiga ini akan menghasilkan spesifikasi pada system.

4.     Implementation (Implementasi)
Fase Implementasi merupakan tahapan keempat dimana rancangan-rancangan dari segala tahap sebelumnya diimplementasikan dan dilakukannya percobaan pengujian pada sistem, rencana dukungan sistem, dan juga instalasi sistem. Selain hal tersebut implementasi dapat juga dikatakan sebagai proses mengganti/ merubah sistem yang lama menjadi sistem yang terbaru.

5.     Maintance (Pemeliharaan)
Fase Pemeliharaan merupakan tahapan kelima dimana biasanya dilakukan oleh user atau admin yang ditunjuk untuk menjaga sistem untuk tetap dapat beroperasi secara baik dan tetap menjamin bahwa sistem dapat terus berfungsi secara optimal dan normal. Dengan demikian diharapkan sistem dapat menunjukan kemampuan dalam kebutuhan yang diinginkan oleh penggunanya nanti.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top