TUGAS 3B (Audit Teknologi Sistem Informasi)


NAMA            : FARHANAH APSARI YOLANDA
NPM               : 12116659
KELAS           : 4KA19

1.Jelaskan masing-masing komponen dari processing control (5 saja) !
2.Jelaskan masing-masing komponen database control (5 saja) !
3.Carilah 1 contoh aplikasi untuk audit sistem informasi dan jelaskan !

1. Berikut adalah komponen-komponen processing control :
  • Unit Kontrol
Unit kontrol yang mengatur jalannya program. Komponen ini tentu ada di semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga sinkronisasi yang terjadi antara komponen bekerja dalam menjalankan fungsi operasi. termasuk tanggung jawab unit kontrol ialah mengambil perintah, instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi.
Jika ada instruksi untuk aritmatika atau perbandingan logika, unit kontrol akan mengirim instruksi ke ALU. Hasil pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama untuk disimpan, dan waktu akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
  1. Mengatur dan mengontrol alat input (masukan) dan output (keluaran).
  2. Mengambil instruksi dari memori utama.
  3. Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
  4. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika dan perbandingan logika, lalau mengawasi kerja dari ALU.
  5. Menyimpan hasil proses ke memori utama.

  • Register
Register adalah perangkat penyimpanan kecil yang memiliki akses ke kecepatan yang cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan / atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah atau data untuk diproses lebih lanjut.
Dengan analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai memori dalam otak ketika kita melakukan pengolahan manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi kenangan, unit kontrol yang mengatur semua aktivitas tubuh dan memiliki tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
  • Unit ALU
Unit ALU berfungsi untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering disebut bahasa mesin dikarenakan pada bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, arithmetika satuan dan boolean unit logika, yang masing-masing memiliki spesifikasi pekerjaan sendiri.
Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan perintah program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
Tugas lain dari ALU adalah untuk membuat keputusan dari operasi logika sesuai dengan perintah program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹), kurang dari (<), kurang dari atau sama dengan (£), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³).
Interkoneksi yang CPU dan bus sistem koneksi yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, perangkat input / output.
  • CPU Interconnections
Adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan system lainnya. Seperti memori utama, piranti masukkan/keluaran.
  • Perangkat Keras dan Lunak
Perangkat keras adalah sebuah komponen fisik pada sistem komputer yang digunakan untuk menjalankan perintah seperti processor, motherboard, RAM, hardisk, VGA card, sound card dll.
perangkat lunak adalah istilah yang dipakai untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya dan berbagai informasi yang dapat dibaca oleh komputer seperti sistem operasi dan aplikasi-aplikasi yang dapat berjalan dan dibaca oleh sistem komputer.
2.  Berikut adalah komponen-komponen pada database control :
  • Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras (hardware) yang biasanya terdapat dalam sebuah sistem database adalah komputer untuk sistem stand alone, sistem jaringan (network), memori sekunder yang online (harddisk), memori sekunder yang offline (disk), dan perangkat komunikasi untuk jaringan.

  • Sistem Operasi (Operating System)
Sistem operasi merupakan program yang mengaktifkan sistem komputer, mengendalikan seluruh sumber daya dalam komputer dan melakukan operasi-operasi dasar dalam komputer, pengelolaan file, dan lain-lain. Program pengelola basis data akan aktif (running) jika sistem operasi yang dikehendaki sesuai. Sistem operasi yang biasa digunakan Microsoft DOS, Microsoft Windows, UNIX, LINUX, Mac OS, dan lain-lain.
  • Basis Data (Database)
Basis data (database) merupakan koleksi dari data yang terorganisasi dengan cara sedemikian rupa sehingga data tersebut mudah disimpan dan dimanipulasi. Sebuah sistem database dapat memiliki beberapa database. Setiap database dapat memiliki sejumlah objek database seperti table, indeks, dan lain-lain.  
  • DBMS (Database Management System)
Database Management System (DBMS) merupakan kumpulan program aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengelola database. DBMS berisi suatu koleksi data dan set program untuk mengakses data. DBMS meruakan perangkat lunak (software) yang menentukan bagaimana data tersebut diorganisasi, disimpan, diubah dan diambil kembali. Perangkat lunak ini juga menerapkan mekanisme pengamanan data, pengguna data bersama, dan konsistensi data. Perangkat lunak yang termasuk kedalam DBMS diantaranya: Microsoft Access, SQL Server, MySQL atau MySQLi, DB2, Oracle, PostgreSQL, SQLite, Mongo DB, dan Maria DB.  
  • Pengguna (User)
Terdapat beberapa tipe users atau pengguna pada sistem database, berdasarkan cara mereka berinteraksi pada basis data, diantaranya program aplikasi, pengguna mahir, pengguna umum, dan pengguna khusus.
  • Programmer Aplikasi
Programmer aplikasi adalah pengguna yang berinteraksi dengan database melalui DML (Data Manipulation Language), yang disertakan dalam program yang ditulis dalam bahasa pemrograman induk (seperti pascal, cobol, clipper, dan lain-lain).
  • 5.2 User Mahir
User mahir adalah pengguna yang berinteraksi dengan sistem tanpa menulis modul program. Pengguna menggunakan query (bahasa standard yang digunakan oleh setiap DBMS) untuk mengakses data.
  • 5.3 User Umum
User umum adalah pengguna yang berinteraksi dengan sistem database melalui pemanggilan satu program aplikasi permanen yang ditulis atau disediakan sebelumnya.
  • 5.4 User Khusus
User khusus adalah pengguna yang menulis aplikasi database non konvensional untuk keperluan khusus, seperti untuk aplikasi sistem pakar, dan lain-lain.
3.  IDEA (Interactive Data Analysis Software)
Merupakan software audit yang dapat digunakan untuk membuat rekonsiliasi, investigasi kecurangan, internal/operational audit, pemindahan file, mempersiapkan laporan manajemen dan analisis-analisis lainnya, termasuk menelusuri security log.
IDEA adalah software yang powerful dan mudah dioperasikan untuk membantu akunting dan professional keuangan meningkatkan keahlian auditing, mendeteksi kecurangan, dan memenuhi dokumen-dokumen standar. Software ini memungkinkan kita untuk mengimpor data dengan cepat, menyertakan, menganalisa, mengambil sample dan mengekstrak data dari berbagai macam sumber, termasuk laporan yang dicetak dari sebuah file.
Didesain oleh Akuntan untuk Akuntan, IDEA menawarkan sebuah tampilan antar muka yang intuitif termasuk fungsi point dan klik, menu bantuan, toturial dan multi tampilan. Dengan kemampuan ukuran file yang tak terbatas, IDEA dapat mengakses dan menganalisa data yang berukuran besar dalam beberapa detik saja, membebaskan anda untuk menganjurkan manajemen dalam proyek tambahan dan memberikan analisa yang mendalam.

KESIMPULAN
Processing control mempunyai beberapa komponen yang mempunyai perannya masing-masing dan bekerja sama agar sistem komputer dapat bekerja dengan baik. Terdapat unit kontrol yang mengatur jalannya program, register sebagai penyimpan data atau instruksi, unit ALU yang menjalankan proses aritmatika dan logika dari instruksi tertentu, CPU interconnection yang berfungsi sebagai penghubung antara unit control, register dan unit ALU, yang terakhir terdapat perangkat keras yaitu perangkat fisik yang ada pada sistem komputer sedangkan perangkat lunak adalah istilah yang dipakai untuk data yang dapat dibaca oleh sistem komputer
Database control terdapat beberapa komponen seperti perangkat keras, sistem operasi yang menjalankan sistem komputer, DBMS sebagai perangkat lunak yang dipakai untuk mengolah data pada database dan terdapat pengguna yang dibagi menjadi 4 yaitu programmer aplikasi, user mahir, user umum, user khusus.
IDEA adalah aplikasi audit SI yang digunakan untuk rekonsiliasi, investigasi kecurangan, pemindahan file. Dengan IDEA kita memungkinkan untuk mengimpor data dengan cepat, IDEA didesain oleh akuntan untuk akuntan yang menawaran tampilan antarmuka yang intuitif terdapat fungsi point dan klik, menu bantuan, tutorial dan multi tampilan.

Referensi


CONVERSATION

1 komentar:

  1. As reported by Stanford Medical, It's really the SINGLE reason this country's women get to live 10 years more and weigh 42 pounds lighter than we do.

    (By the way, it has NOTHING to do with genetics or some secret diet and EVERYTHING related to "how" they are eating.)

    P.S, I said "HOW", and not "what"...

    Tap this link to find out if this short test can help you decipher your true weight loss potential

    BalasHapus

Back
to top