TUGAS ILMU BUDAYA DASAR 4

Bentuk Tanggung Jawab Kalian dalam Kehidupan Sehari-hari


1.      1. Diri Sendiri
  • Makan-makanan yang sehat dan selalu berolahraga, karena kita harus bertanggung jawab atas kesehatan tubuh kita sendiri.
  • Tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri
         (cth : narkoba, merokok, berkelahi) karena dapat membuat badan dan kesehatan kita terganggu            dalam waktu yang lama.
  • Memiliki empati kepada orang lain, karena dengan memiliki empati kita sebagai manusia dapat membuat bumi menjadi tempat yang lebih baik untuk sesama.
  • Berpikir sebelum bertindak, karena Tuhan telah memberikan kita akal pikiran untuk digunakan membuat pertimbangan sebelum bertindak.



2.      2. Keluarga
  • Berbakti kepada kedua orangtua, berbakti dan selalu menjaga orangtua dapat membawa kita menjadi manusia yang lebih dan membawa kita ke surge
  • Menjaga nama baik keluarga, dengan menjaga nama baik keluarga kita juga menjaga keharmonisan dalam keluarga
  • Menjaga keselamatan keluarga, karena keluarga hal utama yang harus kita jaga.
  • Menjaga kebersihan rumah, karena rumah kita adalah tempat yang kita tinggali maka kita bertanggung jawab untuk selalu menjaga kebersihannya.



3.      3. Masyarakat, Bangsa, Negara
  • Menjadi pelajar yang teladan, kita sebagai pelajar dapat mengharumkan nama Negara dengan mengikuti berbagai macam kejuaraan.
  • Membela Bangsa dan Negara, karena kita sebagai warga Negara bertanggung jawab atas apa yang terjadi dengan Negaranya.
  • Ramah dan sopan kepada tetangga, dapat menjaga keharmonisan dalam bertetangga.
  • Menjaga kultur budaya bangsa dan Negara, sebagai warga Negara kita harus menjaga kultur kebudayaan yang kita miliki agar tidak direbut Negara lain atau bahkan punah karena kita lebih mencintai kebudayaan Negara lain dibanding dengan kebudayaan kita sendiri.



4.      4. Sang Pencipta
  • Berdoa, memohon ampun atas segala dosa-dosa yang telah kita perbuat.
  • Menjalankan dan menjauhi larangan yang diperintah-Nya.
  • Mengamalkan ajaran-Nya, karena sebaik-baiknya umat adalah yang menjalankan dan mengamalkan perintah-Nya.
  • Sholat selalu tepat waktu.



Artikel Mengenai Kegelisahan dan Cara Mengantisipasi Kegelisahan Tersebut

Kegelisahan berasal dari kata “Gelisah” yang berarti rasa yang tidak tentram di hati atau merasa selalu khawatir, tidak dapat tenang (tidurnya), tidak sabar lagi (menanti), cemas dan sebagainya. Kegelisahan juga merupakan salah satu dari bentuk kecemasan, dan biasanya kegelisahan ataupun kecemasan berasal dari perasaan takut apa yang diinginkan tidak dapat tercapai dengan baik.

Kehidupan manusia yang kian lama kian maju juga menjadi salah satu pendorong utama banyaknya manusia modern yang mudah merasa gelisah. Kemajuan teknologi dalam berbagai hal seperti media sosial juga membuat kita mudah merasa gelisah dengan berbagai hal, media sosial menjadi alat untuk berbagi hal-hal yang kita lakukan kepada orang banyak. Dengan kata lain apa yang kita lakukan ataupun yang mereka lakukan dapat dilihat oleh siapapun, hal ini lah yang membuat kita berlomba-lomba untuk menjadi lebih baik dalam segala hal agar tidak kalah dengan orang lain. Hal-hal seperti ini lah yang membuat kita mudah gelisah dengan hal-hal yang dulu sepertinya bukan masalah besar.

Salah satu contoh, media sosial paling berbahaya dan juga paling popular saat ini, Instagram. Media sosial satu ini bisa berbagi foto dan video pendek tersebut memang terlihat biasa saja, namun di sisi lain Instagram juga secara tidak langsung mendorong pengguna memiliki sifat pamer, sombong dan riya' (ingin dipuji orang). Dan ini tentu bukan perilaku yang baik bagi kehidupan sosial maupun secara agama. Karena hal ini lah yang nantinya akan memunculkan kegelisahan di antara remaja-remaja yang pemikirannya masih labil (mudah goyah). Kita tahu bahwa tentu pengguna Instagram tidak hanya dari kalangan pengguna kelas atas, namun juga kelas bawah. Seperti contohnya pengguna dari kalangan bawah (sebut saja sebagai si A) nantinya akan merasa iri  bahkan dengki ketika meilhat orang lain memamerkan barang atau kesempatan yang tidak dimililki oleh si A. Dengan demikian akhirnya si A akan merasa rendah diri, bahkan yang paling berbahaya adalah menyalahkan orang tua hingga Tuhan. Hal ini lah yang dapat membuat kegelisahan pada anak muda jaman sekarang.
Disinilah diperlukan kebijakan dari orangtua mengenai penggunaan sosial media yang baik, dan juga pentingnya kebijakan dari diri kita sendiri dalam mengatur penggunaan social milik kita sendiri. Kita harus mengetahui baik dan buruknya sosial media terhadap kehidupan kita. Karena tidak sedikit remaja yang menjadi stres, frustasi, dan melakukan berbagai tindak kriminal hanya karena melihat teman media sosialnya lebih kaya darinya padahal apa yang dilakukannya selama ini jauh lebih baik daripada menghabiskan uang pemberian orang tua. Semoga kita menjadi pengguna media sosial yang berkulitas dan bermanfaat.
Cara Mengatasi Kegelisahan           :
·         Berdoa kepada Tuhan YME, karena segala sesuatu berasal dari kehendak-Nya.
·         Mengatasi sumber kegelisahan yang dapat dirubah.
·         Melakukan hal-hal positif yang dapat kita lakukan.
·         Lebih memikirkan kelebihan yang kita miliki, dan menerima kekurangan yang kita miliki.
·         Mencurahkan perasaan kita, dengan berbagi masalah dengan orang yang kita percaya dapat mengurangi kegelisahan kita.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top