PENGERTIAN, MANFAAT, DAN CONTOH DARI INOVASI SI

A. Pengertian Inovasi SI
Inovasi SI adalah suatu temuan baru yang belum pernah ada atau temuan baru yang sudah ada sebelumnya dalam bidang teknologi, yang bertujuan untuk memberi manfaat kepada para penggunanya. Sebuah inovasi biasanya berawal dari sebuah ide atau gagasan yang kemudian dengan banyaknya percobaan menjadi sebuah inovasi nyata yang dapat memajukan teknologi di masa yang mendatang.


B. Manfaat Inovasi SI

1. Inovasi SI dalam bidang perbankan
Dengan adanya E-banking (Elektronik banking) sekarang ini, memudahkan para penggunanya untuk mengirim atau mentransfer uang  dengan cepat dan membuat mereka tidak perlu lagi untuk pergi ke bank. Contoh : ATM, Internet banking, mobile banking.

2. Inovasi SI dalam bidang pendidikan
E-learning (elektronik learning) merupakan salah satu teknologi yang membuat kita dapat belajar dengan mudah untuk tambahan pembelajaran di sekolah. Contoh E-learning : Quipper, Moodle, SchoolTool.

3. Inovasi SI dalam bidang bisnis
Dengan adanya E-commerce memudahkan para pembeli untuk melakukan transaksi jual beli tanpa harus pergi ke tempat yang menyediakan barang-barang tersebut. Contoh : Tokopedia, Lazada, Bukalapak.

4. Inovasi SI dalam bidang kesehatan
Mempermudah pihak rumah sakit untuk mengetahui riwayat penyakit yang dimiliki pasien. Contoh : Smartcard.


C. Contoh Inovasi SI
1. Sosial Media
Bisa dikatakan hampir semua orang kini menggunakan sosial media untuk melakukan segala suatu hal, seperti :
Facebook
Walaupun facebook bukanlah sosial media pertama, namun kelengkapannya dalam sebuah aplikasi membuat banyak orang yang menggunakannya, seperti berbagi cerita, foto, video, berita yang dapat dilihat semua orang.
Instagram
Siapa yang tidak mengenal instagram, aplikasi satu ini merupakan aplikasi yang paling banyak digemari semua orang saat ini. Karena dengan aplikasi satu ini kita dapat berbagi foto, video kepada semua teman kita. Dan aplikasi ini bisa menjadi tempat berjualan yang paling disukai sekarang ini, hanya dengan memposting foto atau video baran jualan kita, para pembeli bisa langsung menghubungi kita untuk membeli barang dagangan kita.
Skype
Aplikasi satu ini merupakan aplikasi yang membuat para penggunanya merasa dekat satu sama lain, karena aplikasi ini memudahkan kita melihat teman kita yang berjauhan tempatnya dengan cara video call.

Image result for sosial media


2. Virtual Reality (VR)
Virtual reality atau realitas maya merupakan suatu teknologi yang membuat para penggunanya merasakan dan berinteraksi dengan lingkungan yang dijalankan oleh komputer atau bisa dibilang suatu lingkungan imajinasi. Contoh penggunaan Virtual Reality (VR) kita dapat merasakan efek 3D saat bermain game yang membuat bermain game lebih tampak nyata.

Image result for virtual reality


3. E-Commerce
Di zaman seperti ini siapa yang tidak ingin berbelanja tanpa harus pergi dari satu tempat ke tempat yang lain hanya untuk mendapatkan barang yang pas? Dengan e-commerce kita dapat melakukan itu.  Dengan membuka aplikasi seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak kita dapat memilih barang dan harga yang sesuai seperti yang kita inginkan, tidak hanya itu untuk pembayarannya pun kita hanya perlu mentransfer uang kita kepada penjual lalu 1-7 hari kemudian barang yang kita inginkan akan sampai didepan rumah kita, menarik bukan?

Image result for e commerce

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top