PERBANDINGAN PERKEMBANGAN INOVASI

TRANSPORTASI DARAT
Di zaman seperti ini siapa yang tidak menggunakan transportasi? Mungkin hanya sedikit dari kita yang masih sering berjalan kaki untuk pergi ke tempat tujuan mereka, namun sebagian besar dari kita pasti lebih memilih untuk menggunakan transportasi seperti sepeda, motor, mobil, bus, dan yang lainnya. Hal ini karena di zaman seperti ini kita menginginkan hal yang lebih efisien untuk memudahkan kita melakukan aktifitas sehari-hari, dengan menggunakan transportasi membuat kita lebih cepat pergi ke tempat tujuan dan lebih mudah saat membawa banyak barang. Tapi tahukah kalian sebelum kita menemukan kendaraan seperti motor dan mobil kita terlebih dahulu menggunakan hewan untuk membantu perjalanan kita? Jika tidak mari kita lihat penjelasan dibawah ini.
                                                                                              
CONTOH TRANSPORTASI ZAMAN DAHULU   :
1.      Berjalan Kaki
Jauh sebelum manusia mengenal transportasi nenek moyang kita melakukan perjalanan yang cukup jauh hanya dengan  berjalan kaki, mereka biasanya melakukan perjalanan jauh untuk mencari makan atau berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain (Nomaden).
Related image


2.      Kuda
Pada 4000-3000 SM terdapat Bangsa Hyksos yang terkenal dengan keahliannya dalam militer dan pengendara kuda yang hebat pada zaman itu, mereka menggunakan kuda untuk melakukan perang melawan Mesir Kuno. Semenjak saat itu para penduduk Mesir Kuno tertarik untuk mulai mempelajari kuda sebagai kendaraan, mereka berfikir dengan menggunakan kuda membantu mereka lebih cepat untuk pergi ke tempat tujuan mereka.
Image result for transportasi kuda
              
3.      Kereta Sederhana
Pada abad ke-18 kereta pertama dibuat tidak langsung menggunakan uap atau bahkan mesin yang canggih, pada zaman dahulu kereta hanyalah sebuah gerobak yang ditarik menggunakan tenaga kuda. Pada saat itu kereta sederhana dibuat untuk keperluan tambang atau memindahkan buah-buahan dari kebun. Pada tahun 1807 barulah kereta rel yang mengangkut penumpang pertama dibuat.
Image result for KERETA PERTAMA
CONTOH TRANSPORTASI ZAMAN SEKARANG            :

1.      Mobil
Pada zaman sekarang rata-rata hampir setiap orang menggunakan mobil untuk berpergian jauh, selain lebih cepat sampai tempat tujuan namun juga bisa membawa barang dengan kapasitas yang banyak. Dari akhir 18 sampai dengan sekarang mobil sudah mengalami banyak perubahan yang sangat signifikan, dari mulai model sampai mesin yang semakin canggih. Saking canggihnya teknologi zaman kini terdapat sebuah mobil yang bisa  melaju tanpa dikemudikan oleh manusia, pada tahun 2016 Singapura menjadi Negara pertama di dunia yang mengoperasikan taksi tanpa supir didalamnya.  Jika sekarang saja kita sudah bisa menciptakan mobil tanpa supir tidak menutup kemungkinan di masa depan kita benar-benar bisa membuat mobil terbang bukan?
Image result for mobil tanpa sopir

2.      Kereta
Siapa yang tidak tau transportasi yang satu ini? Transportasi yang bisa mengangkut banyak orang dalam sekali perjalanan ini dikenal karena memiliki perlintasan sendiri dan membuat perjalanan lebih cepat. Dari pertama ditemukannya kereta bermesin uap pada tahun 1804 sampai saat ini, kereta telah mengalami banyak perubahan. Kereta biasanya memiliki kecepatan sekitar 100km/jam namun kini telah hadir kereta dengan kecepatan 603km/jam. Kereta yang beroperasi di Jepang ini, bisa dibilang sebagai kereta tercepat di dunia.
Image result for kereta tercepat di dunia


KESIMPULAN

Setiap transportasi dulu dan sekarang masing-masing memiliki keuntungan dan kerugian yang berbeda. Transportasi zaman dahulu membuat manusia lebih sehat karena dengan berjalan kaki atau berkuda yang bisa dikategorikan juga sebagai olahraga namun membuat kita lebih lama untuk sampai ke tempat tujuan kita. Transportasi zaman sekarang membuat kita lebih cepat dan nyaman untuk pergi ke tempat tujuan namun membuat kita kurang untuk berolahraga.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top