Pada jaman seperti ini siapa yang tidak menggunakan
internet? Kini hampir setiap orang menggunakan internet untuk segala hal,
seperti mencari berita, belajar, bermain game, bahkan berjualan. Karena hal itu
internet dianggap sebagai ladang bisnis yang sangat menjanjikan untuk sekarang
ini, baik bisnis kecil sampai bisnis besar sekalipun. Namun sebuah bisnis tidak
dapat berjalan dengan baik tanpa memiliki website atau blog yang dapat menarik
perhatian konsumen, lalu bagaimana caranya agar bisa menarik?
Website atau blog akan terasa kurang menarik tanpa adanya
SEO, SEM, SMM, dan SMO. Empat bagian tersebut merupakan bagian penting dalam
menentukan peringkat pada mesin pencari (search engine) dan juga memberi nilai
tambahan untuk pengguna internet. Tapi pasti banyak dari kita yang belum
mengetahui apa itu SEO, SEM, SMM, dan SMO, bukan? Mari kita simak penjelasan
berikut ini.
1. SEO ( SEARCH ENGINE OPTIMIZATION)
Search Engine
Optimization atau biasa disingkat SEO, merupakan sebuah proses untuk
meningkatkan peringkat suatu website atau blog agar berada di urutan pertama
dalam mesin pencari (search engine) secara gratis maupun berbayar.
Untuk melakukan SEO
kita perlu mengetahui dua area dasar untuk menaikan peringkat website atau blog
kita di hasil penelusuran, yakni dengan on-page dan off-page. Apa itu on-page
dan off-page? On-page dan off-page merupakan optimasi. Optimasi on-page sendiri
terpusat pada elemen website yang mendukung sebuah halaman web seperti gambar,
konten tekstual dan kode HTML. Sedangkan off-page sendiri terpusat pada
penyebaran lebih banyak backline, seperti tautan atau link menuju website yang
sedang dioptimasi. Namun selain hal tersebut kita juga memerlukan keyword yang
unik agar website atau blog kita lebih mudah ditemukan dalam mesin pencari
(search engine).
2. SEM (SEARCH ENGINE MARKETING)

Search Engine
Marketing atau biasa disingkat SEM, merupakan cara untuk mempromosikan website
atau blog kita dengan meningkatkan peringkatnya pada mesin pencari (search engine)
dengan cara iklan berbayar (paids ads). Iklan berbayar sendiri bisa berupa
tulisan, gambar, animasi, bahkan video.
3. SMM (SOCIAL MEDIA MARKETING)
Social Media
Marketing atau yang biasa disingkat SMM, merupakan suatu cara untuk
mempromosikan bisnis atau penjualan kita dengan menggunakan media sebagai wadah
promosi. Bisa dikatakan juga dengan menggunakan media sosial kita dapat
meningkatkan harga bisnis yang kita miliki karena di jaman sekarang banyak orang
yang menggunakan media sosial sebagai tempat mencari atau membeli suatu barang
karena dianggap lebih mudah dan efisien.
4. SMO (SOCIAL MEDIA OPTIMIZATION)
Social Media
Optimization atau yang biasa disingkat SMO, merupakan suatu cara untuk
meningkatkan minat pengunjung secara tertarget dari media soial ke website atau
blog kita. Dengan kata lain semakin banyak followers
atau likes pada fanspage yang kita
miliki semakin besar juga kemungkinan untuk menarik minat pengunjung untuk
melihat website atau blog milik kita.
0 komentar:
Posting Komentar