APA ITU SEO, SEM, SMM, DAN SMO

Pada jaman seperti ini siapa yang tidak menggunakan internet? Kini hampir setiap orang menggunakan internet untuk segala hal, seperti mencari berita, belajar, bermain game, bahkan berjualan. Karena hal itu internet dianggap sebagai ladang bisnis yang sangat menjanjikan untuk sekarang ini, baik bisnis kecil sampai bisnis besar sekalipun. Namun sebuah bisnis tidak dapat berjalan dengan baik tanpa memiliki website atau blog yang dapat menarik perhatian konsumen, lalu bagaimana caranya agar bisa menarik?
Website atau blog akan terasa kurang menarik tanpa adanya SEO, SEM, SMM, dan SMO. Empat bagian tersebut merupakan bagian penting dalam menentukan peringkat pada mesin pencari (search engine) dan juga memberi nilai tambahan untuk pengguna internet. Tapi pasti banyak dari kita yang belum mengetahui apa itu SEO, SEM, SMM, dan SMO, bukan? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

1.       SEO ( SEARCH ENGINE OPTIMIZATION)
Image result for SEO
Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO, merupakan sebuah proses untuk meningkatkan peringkat suatu website atau blog agar berada di urutan pertama dalam mesin pencari (search engine) secara gratis maupun berbayar.

Untuk melakukan SEO kita perlu mengetahui dua area dasar untuk menaikan peringkat website atau blog kita di hasil penelusuran, yakni dengan on-page dan off-page. Apa itu on-page dan off-page? On-page dan off-page merupakan optimasi. Optimasi on-page sendiri terpusat pada elemen website yang mendukung sebuah halaman web seperti gambar, konten tekstual dan kode HTML. Sedangkan off-page sendiri terpusat pada penyebaran lebih banyak backline, seperti tautan atau link menuju website yang sedang dioptimasi. Namun selain hal tersebut kita juga memerlukan keyword yang unik agar website atau blog kita lebih mudah ditemukan dalam mesin pencari (search engine).

2.       SEM (SEARCH ENGINE MARKETING)
Related image
Search Engine Marketing atau biasa disingkat SEM, merupakan cara untuk mempromosikan website atau blog kita dengan meningkatkan peringkatnya pada mesin pencari (search engine) dengan cara iklan berbayar (paids ads). Iklan berbayar sendiri bisa berupa tulisan, gambar, animasi, bahkan video.

 Dengan menggunakan SEM, website atau blog kita bisa berada di halaman pertama mesin pencarian secara langsung selama kita terus bersedia membayar. Berbeda dengan SEO yang membutuhkan waktu lebih lama untuk berada di halaman pertama. Bagaimana cara pembayaran pada SEM? Cara pembayarannya sendiri biasanya berupa PPC atau Pay Per Click, yaitu sistem pembayaran dengan menghitung berapa banyak click yang dilakukan pengunjung suatu website yang mengclick iklan tersebut.

3.       SMM (SOCIAL MEDIA MARKETING)
Image result for SMM
Social Media Marketing atau yang biasa disingkat SMM, merupakan suatu cara untuk mempromosikan bisnis atau penjualan kita dengan menggunakan media sebagai wadah promosi. Bisa dikatakan juga dengan menggunakan media sosial kita dapat meningkatkan harga bisnis yang kita miliki karena di jaman sekarang banyak orang yang menggunakan media sosial sebagai tempat mencari atau membeli suatu barang karena dianggap lebih mudah dan efisien.

4.       SMO (SOCIAL MEDIA OPTIMIZATION)
Image result for social media optimization

Social Media Optimization atau yang biasa disingkat SMO, merupakan suatu cara untuk meningkatkan minat pengunjung secara tertarget dari media soial ke website atau blog kita. Dengan kata lain semakin banyak followers atau likes pada fanspage yang kita miliki semakin besar juga kemungkinan untuk menarik minat pengunjung untuk melihat website atau blog milik kita.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top