TUGAS ILMU BUDAYA DASAR 1


1.      Kaitkan antara Ilmu Budaya Dasar dengan Ilmu Sistem Informasi

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyaknya unsur yang rumit, contohnya adalah sistem agama, politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Sistem adalah kumpulan komponen dan elemen yang saling digabungkan lalu menjadi satu untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) yang artinya adalah kumpulan komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

Menurut Notoatmodjo (2008) dengan semakin banyaknya informasi dapat mempengaruhi atau menambah pengetahuan seseorang dan dengan pengetahuan menimbulkan kesadaran yang akhirnya seseorang akan berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya.

Sehingga kaitan antara Ilmu Budaya Dasar dengan Ilmu Budaya adalah Budaya dan Informasi mencakup banyak aspek seperti berkembangnya pola pikir manusia dalam mempegaruhi sikap dan perilaku yang berbeda. Dengan begitu manusia tersebut dapat menjadi pribadi yang lebih baik dengan memperkenalkan mereka dengan budaya informasi, namun tidak semua budaya informasi dapat berdampak positif karena adajuga  yang dapat memperburuk pribadi seseorang jika budaya informasi yang diberikan tidak sesuai dengan seharusnya.

2.      Ceritakanlah budaya kalian dari mana berasal. Pengetahuan budaya apa saja yang kini mulai  ditinggalkan atau hilang eksistensinya di indonesia. Serta bagaimana peran masyarakat dalam  melestarikan budaya tersebut.

Saya berasal dari lingkungan budaya daerah Jakarta, kebudayaan di Jakarta termasuk salah satu kebudayaan yang hampir punah di Indonesia. Kebudayaan yang hampir punah di Jakarta adalah Gambang Kromong, Tanjidor, Ondel-Ondel, Pencak Silat, dan Tari Topeng. Kebudayaan di Jakarta hampir punah karena banyak generasi muda yang lebih bangga dengan kebudayaan yang berasal dari Negara lain di banding dengan kebudayaan milik daerahnya sendiri.

Indonesia memiliki banyak sekali pulau yang berarti juga memiliki banyak kebudayaan yang berbeda, namun kini kebudayaan di Indonesia mulai menghilang akibat kurang pedulinya generasi muda dengan kebudayaannya sendiri. Contoh Kebudayaan yang hampir punah selain Jakarta adalah Jawa Barat, banyak seni asli Jawa Barat yang hampir punah seperti Topeng Menor, Ronggeng Ketuk (untuk menyambut panen padi) dan Ngaguyah Hujan. 


Peran masyarakat terutama generasi muda dalam memelihara kebudayaan Indonesia sangat diperlukan, karena jika bukan kita sebagai masyarakat Indonesia tidak ada lagi yang dapat memelihara kebudayaan asli milik Indonesia. Dengan cara membuat festival atau perlombaan setiap tahunnya tentang kebudayaan masing-masing daerah, dapat membuat generasi muda tertarik untuk terus mengembangkan kebudayaan milik Indonesia.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top