Pengertian, Manfaat, dan Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi Bagi Lingkungan sekitar


  • ·         Pengertian Manajemen Layanan Sistem Informasi

Merupakan cara mengelolah Teknologi Informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada pandangan pengguna atau konsumen layanan Teknologi Informasi kepada bisnis perusahaan. Penggunaan istilah Manajemen Layanan Sistem Informasi pun sampai sekarang masih belum diketahui awal mula penggunaannya.

Manajemen Layanan Teknologi Informasi memiliki peranan besar terhadap Information Technology Service Manajemen (ITSM)  atau Information Technology Service Support Management (ITSSM) yaitu mengarah pada pengelolahan dan pelaksaan dari kualitas Teknologi Informasi yang memenuhi segala kebutuhan dalam bisnis. Layanan Manajemen Teknologi Informasi dapat dilakukan karena penyedia layanan Teknologi Informasi melakukan kombinasi yang sangat baik dari mulai teknologi, manusia, proses, dan informasi.


  • ·         Manfaat Manajemen Layanan SIstem Informasi

Manajemen Layanan Sistem Informasi memiliki banyak manfaat, yaitu :
a.       Dengan adanya manajemen akan sangat berguna dalam mencapai efisiensi dan efektivitas untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.
b.      Memudahkan untuk mengindentifikasi kebutuhan apa yang kita butuhkan dan yang kita tidak butuhkan dan juga akan menampilkan keterampilan pendukung dari sistem informasi.
c.       Kecepatan aksebilitas atau akses data dapat bertambah karena data yang tersaji sangat akurat dan tepat waktu berkat adanya Manajemen Layanan Sistem Informasi.
d.      Dapat mengurangi atau menghemat biaya operasional karena kesalahan yang biasanya terjadi dalam bisnis bisa berkurang berkat Manajemen Layanan Sistem Informasi.

  • ·         Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi

Manajemen Layanan Sistem Informasi mempunyai banyak sekali peran yang dapat membuat organisasi manapun menjadi lebih efektif dari sebelumnya. Dalam kegiatan-kegiatan bisnis Manajemen Layanan Sistem Informasi juga berguna dalam operasional, mengambil keputusan yang sangat penting, dan juga lebih cepat dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam organisasi manapun.

Selain hal-hal diatas, Manajemen Layanan Sistem Informasi juga memiliki banyak peranan yang lain yaitu :
a.       Meningkatkan Aksebilitas Data

Data dapat diakses dengan cepat, on time dan juga akurat bagi para penggunanya.

b.      Mendukung keunggulan Strategis

Sistem Informasi yang dirancang dengan sangat baik dapat membantu penggunanya dalam mencapai tujuan dalam bersaing dengan pengguna-pengguna yang lain

c.       Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan

Untuk mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai konsumen atau selera konsumen dan juga melihat peluang pasar yang ada

d.      Meningkatkan Strategi Suatu Layanan Secara Global dan Menyeluruh

Mampu untuk meningkatkan daya saing dan pengelolahan bisnis secara global  dan juga pengawan pasar

e.      Mendukung Operasional Bisnis

Menyediakan dukungan operasional bisnis, dari mulai penelusuran pesanan konsumen, kegiatan bisnis yang dilakukan dalam sehari-hari hingga akuntansi.

f.        Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Dengan meningkatnya persaingan di dunia bisnis, Manajemen Layanan Sistem Informasi juga dapat membantu suatu perusahaan untuk dapat bersaing secara baik di pasar bebas

g.       Meningkatkan Efisiensi Kerja

Dapat mengelolah berbagai macam bentuk transaksi, mengurangi biaya operasional perusahaan, meningkatkan pendapatan perusahaan

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top