- · Pengertian Manajemen Layanan Sistem Informasi
Merupakan cara mengelolah Teknologi
Informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada pandangan pengguna atau
konsumen layanan Teknologi Informasi kepada bisnis perusahaan. Penggunaan
istilah Manajemen Layanan Sistem Informasi pun sampai sekarang masih belum
diketahui awal mula penggunaannya.
Manajemen Layanan Teknologi Informasi
memiliki peranan besar terhadap Information Technology Service Manajemen (ITSM)
atau Information Technology Service
Support Management (ITSSM) yaitu mengarah pada pengelolahan dan pelaksaan dari
kualitas Teknologi Informasi yang memenuhi segala kebutuhan dalam bisnis.
Layanan Manajemen Teknologi Informasi dapat dilakukan karena penyedia layanan
Teknologi Informasi melakukan kombinasi yang sangat baik dari mulai teknologi,
manusia, proses, dan informasi.
- · Manfaat Manajemen Layanan SIstem Informasi
Manajemen Layanan Sistem Informasi memiliki
banyak manfaat, yaitu :
a.
Dengan adanya manajemen akan sangat berguna
dalam mencapai efisiensi dan efektivitas untuk mencapai tujuan yang ingin
dicapai.
b.
Memudahkan untuk mengindentifikasi kebutuhan apa
yang kita butuhkan dan yang kita tidak butuhkan dan juga akan menampilkan
keterampilan pendukung dari sistem informasi.
c.
Kecepatan aksebilitas atau akses data dapat
bertambah karena data yang tersaji sangat akurat dan tepat waktu berkat adanya
Manajemen Layanan Sistem Informasi.
d.
Dapat mengurangi atau menghemat biaya
operasional karena kesalahan yang biasanya terjadi dalam bisnis bisa berkurang
berkat Manajemen Layanan Sistem Informasi.
- · Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi
Manajemen Layanan Sistem Informasi
mempunyai banyak sekali peran yang dapat membuat organisasi manapun menjadi
lebih efektif dari sebelumnya. Dalam kegiatan-kegiatan bisnis Manajemen Layanan
Sistem Informasi juga berguna dalam operasional, mengambil keputusan yang
sangat penting, dan juga lebih cepat dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai
dalam organisasi manapun.
Selain hal-hal diatas, Manajemen Layanan
Sistem Informasi juga memiliki banyak peranan yang lain yaitu :
a.
Meningkatkan Aksebilitas Data
Data dapat diakses dengan cepat, on time dan juga akurat bagi para
penggunanya.
b.
Mendukung keunggulan Strategis
Sistem Informasi yang dirancang dengan sangat baik dapat membantu
penggunanya dalam mencapai tujuan dalam bersaing dengan pengguna-pengguna yang
lain
c.
Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan
Untuk mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai konsumen atau selera
konsumen dan juga melihat peluang pasar yang ada
d.
Meningkatkan Strategi Suatu Layanan Secara
Global dan Menyeluruh
Mampu untuk meningkatkan daya saing dan pengelolahan bisnis secara global
dan juga pengawan pasar
e.
Mendukung Operasional Bisnis
Menyediakan dukungan operasional bisnis, dari mulai penelusuran pesanan
konsumen, kegiatan bisnis yang dilakukan dalam sehari-hari hingga akuntansi.
f.
Meningkatkan Daya Saing Bisnis
Dengan meningkatnya persaingan di dunia bisnis, Manajemen Layanan Sistem
Informasi juga dapat membantu suatu perusahaan untuk dapat bersaing secara baik
di pasar bebas
g.
Meningkatkan Efisiensi Kerja
Dapat
mengelolah berbagai macam bentuk transaksi, mengurangi biaya operasional
perusahaan, meningkatkan pendapatan perusahaan
0 komentar:
Posting Komentar