METODE YANG DIGUNAKAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI DAN KERANGKA KERJA (FRAMEWORK) MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI


  • ·         METODE YANG DIGUNAKAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI


1.     Total Quality Management (TQM)
TQM merupakan suatu strategi manajemen yang dibuat untuk menumbuhkan kesadaran kualitas pada segala proses  didalam organisasi.

2.     Six Sigma
Six Sigma merupakan sebuah alat baru dalam dunia manajemen yang berfungsi untuk menggantikan peran Total Quality Management (TQM). Six Sigma terfokus terhadap mengendalikan kualitas dengan cara mendalami sistem produksi dalam suatu perusahaan secara keseluruhan. Tujuan Six Sigma adalah untuk mengurangi waktu pembuatan produk, menghilangkan cacat dalam produksi, dan menghilangan biaya.

3.     Business Process Management (BPM)
BPM merupakan sebuah cara menyelaraskan suatu organisasi sesuai keinginan dan kebutuhan organisasi itu sendiri dengan lebih efisien.

4.      Capability Maturity Model Integration (CMMI)
CMMI merupakan metode perbaikan dengan proses pendekatan yang mampu memberikan unsur-unsur yang penting pada proses efektif bagi organisasi. Praktik-praktik yang terbaik dalam CMMI dipublikasikan di dalam dokumen-dokumen yang biasa disebut dengan model, yang isinya masing-masing dikhususkan untuk berbagai bidang yang berbeda-beda.

  • ·         KERANGKA KERJA (FRAMEWORK) MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI


1.     Information Technology Infrasturcture Library (ITIL)
ITIL merupakan sebuah rangkaian yang terdiri dari konsep dan teknik pengelolahan infrastruktur, pengembangan, dan juga operasi teknologi informasi (TI).  ITIL sendiri mulai muncul dalam sebuah rangkaian buku yang masing-masing bukunya membahas tentang topik pengelolahan teknologi informasi.

2.     Control Objective for Information and Related Technology (COBIT)
COBIT merupakan sebuah audit dari sistem informasi dan sebuah dasar pengendalian yag telah dibuat oleh Information System Audit and Control Association (ISACA) dan Information Technology Governance Institute (ITGI) pada tahun 1992.

3.     Application Services Library (ASL)
ASL merupakan kerangka kerja utama publik yang didapat dari praktik terbaik digunakan biasanya untuk standarisasi proses dalam aplikasi manajemen, disiplin memproduksi, dan memelihara sistem informasi dan aplikasi. ASL disediakan sebagai satu set buku lengkap yang berisi gambaran praktek-praktek terbaik dari sebuah industri teknologi informasi.

4.     Business Information Services Library (BISL)
BISL merupakan standar utama publik dari mulai tahun 2005, diatur oleh Lembaga ASL BISL. Kerangka kerja berisi gambaran standar untuk proses di dalam Manajemen Informasi Bisnis (MIB) untuk strategi, manajemen, dan juga operasi tingkat. Terdapat perbedaan utama dalam ITIL dan ASL kerangka walaupun keduanya sangat berkaitan erat yaitu, ITIL dan ASL lebih berfokus pada pasokan sisi informasi atau tujuan organisasi teknologi informasi, dan BISL lebih berfokus pada sisi permintaan.

5.     Microsoft Operation Framework (MOF)
MOF merupakan  rangkaian  perpaduan yang memiliki tujuan untuk membantu teknologi informasi profesional lebih menetapkan dan menerapkan suatu layanan yang handal dan hemat dalam segi biaya.


CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top