- · METODE YANG DIGUNAKAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
1. Total Quality Management (TQM)
TQM merupakan suatu strategi manajemen yang dibuat untuk menumbuhkan
kesadaran kualitas pada segala proses didalam
organisasi.
2. Six Sigma
Six Sigma merupakan sebuah alat baru dalam dunia manajemen yang berfungsi
untuk menggantikan peran Total Quality Management (TQM). Six Sigma terfokus
terhadap mengendalikan kualitas dengan cara mendalami sistem produksi dalam
suatu perusahaan secara keseluruhan. Tujuan Six Sigma adalah untuk mengurangi
waktu pembuatan produk, menghilangkan cacat dalam produksi, dan menghilangan
biaya.
3. Business Process Management (BPM)
BPM merupakan sebuah cara menyelaraskan suatu organisasi sesuai keinginan
dan kebutuhan organisasi itu sendiri dengan lebih efisien.
4. Capability
Maturity Model Integration (CMMI)
CMMI
merupakan metode perbaikan dengan proses pendekatan yang mampu memberikan
unsur-unsur yang penting pada proses efektif bagi organisasi. Praktik-praktik
yang terbaik dalam CMMI dipublikasikan di dalam dokumen-dokumen yang biasa
disebut dengan model, yang isinya masing-masing dikhususkan untuk berbagai
bidang yang berbeda-beda.
- · KERANGKA KERJA (FRAMEWORK) MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
1. Information Technology Infrasturcture Library
(ITIL)
ITIL merupakan sebuah rangkaian yang terdiri dari konsep dan teknik
pengelolahan infrastruktur, pengembangan, dan juga operasi teknologi informasi
(TI). ITIL sendiri mulai muncul dalam
sebuah rangkaian buku yang masing-masing bukunya membahas tentang topik
pengelolahan teknologi informasi.
2. Control Objective for Information and Related
Technology (COBIT)
COBIT merupakan sebuah audit dari sistem informasi dan sebuah dasar
pengendalian yag telah dibuat oleh Information
System Audit and Control Association (ISACA) dan Information Technology Governance Institute (ITGI) pada tahun
1992.
3. Application Services Library (ASL)
ASL merupakan kerangka kerja utama publik yang didapat dari praktik
terbaik digunakan biasanya untuk standarisasi proses dalam aplikasi manajemen,
disiplin memproduksi, dan memelihara sistem informasi dan aplikasi. ASL
disediakan sebagai satu set buku lengkap yang berisi gambaran praktek-praktek
terbaik dari sebuah industri teknologi informasi.
4. Business Information Services Library (BISL)
BISL merupakan standar utama publik dari mulai tahun 2005, diatur oleh
Lembaga ASL BISL. Kerangka kerja berisi gambaran standar untuk proses di dalam
Manajemen Informasi Bisnis (MIB) untuk strategi, manajemen, dan juga operasi
tingkat. Terdapat perbedaan utama dalam ITIL dan ASL kerangka walaupun keduanya
sangat berkaitan erat yaitu, ITIL dan ASL lebih berfokus pada pasokan sisi
informasi atau tujuan organisasi teknologi informasi, dan BISL lebih berfokus
pada sisi permintaan.
5. Microsoft Operation Framework (MOF)
MOF merupakan rangkaian perpaduan yang memiliki tujuan untuk membantu
teknologi informasi profesional lebih menetapkan dan menerapkan suatu layanan
yang handal dan hemat dalam segi biaya.
0 komentar:
Posting Komentar