TEKNOLOGI DIGITAL DAN PENTINGNYA TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK BIDANG IT

TEKNOLOGI DIGITAL

Related image

Teknologi Digital adalah sebuah teknologi yang pengoperasiaannya tidak lagi membutuhkan banyak tenaga manusia. Namun pengoperasian teknologi digital lebih kepada pengoperasiannya yang serba otomatis dan canggih dengan sistem komputerisasi yang dapat membuat komputer dapat membacanya. Pada dasarnya teknologi digital adalah sebuah system yang dapat menghitung dengan sangat cepat dalam memproses semua bentuk informasi sebagai nilai numeris. Sebelum mengenal teknologi digital kita lebih dulu diperkenalkan dengan teknologi analog.Lalu apa bedanya teknologi analog dan teknologi digital? Pada teknologi analog gambar dan suara dirubah menjadi gelombang radio sedangkan pada teknologi digital merubah gambar dan suara menjadi data digital yang terdiri dari angka 1 dan 0. Dengan perbedaan ini maka gambar dari teknologi digital memiliki kualitas warna yang lebih tampak natural dan resolusi yang lebih baik, tidak pecah ataupun turun kualitas gambarnya saat gambar ditampilkan pada layar yang besar.

Semakin berkembangnya jaman, banyak kita jumpai berbagai macam alat-alat yang berbasis teknologi digital di sekitar kita seperti komputer, radio, telepon, televisi.  Tapi tahukah kalian bahwa sebelumnya alat-alat tersebut memakai sistem yang berbasis teknologi analog? Alat-alat tersebut memang awalnya dibuat dengan sistem yang berbasis teknologi analog namun dengan berkembangnya jaman alat-alat tersebut diganti menggunakan sistem berbasis teknologi digital yang semakin modern dan canggih.

Teknologi digital memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan teknologi analog, seperti bisa memproduksi data tanpa batasan jumlahnya tanpa mengurangi kualitas dan mengurangi jumlah data untuk memproses, menyimpan, meng-display, dan mengirim informasi. Namun yang pasti teknologi digital lebih mampu menghasilkan visual yang tampak natural dan resolusi yang lebih tinggi dibanding dengan teknologi analog. Namun dengan banyaknya kelebihan tersebut teknologi digital memerlukan biaya yang lebih tinggi dibanding dengan teknologi analog.

PENTINGNYA TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK BIDANG TI

Pada jaman seperti ini kita pasti memerlukan teknologi digital untuk membantu aktivitas manusia sesuai  dengan bidangnya masing-masing. Berikut contoh pemanfaatan teknologi digital dalam bidang TI :
  • ·         Pada Bidang Komunikasi

Related image
Siapa yang saat ini tidak menggunakan sosial media? Hampir setiap orang kini menggunakan sosial media untuk kegiatan sehari-hari. Beberapa media sosial yang kini sangat populer adalah skype, line, dan whatsapp, ketiga aplikasi sosial media ini diminati karena bisa membantu kita bertatap muka dengan orang yang berada ditempat berjauhan dengan kita. Dengan bertambah canggihnya teknologi digital sekarang ketiga aplikasi tersebut bisa menghasilkan gambar dengan resolusi yang lebih tinggi saat bertatap wajah satu sama lain. Wah, jadi tambah menarik bukan?

  • ·         Pada Bidang Pendidikan


Image result for animasi lab komputer
Pada saat kini dari SD, SMP, sampai SMA memiliki laboratorium komputer masing-masing di setiap sekolah. Semakin pesatnya perkembangan teknologi saat kini membuat kita harus belajar teknologi dari usia mendasar. Itulah yang menyebabkan pentingnya laboratorium komputer di setiap sekolah untuk mempersiapkan diri menghadapi perkembangan teknologi digital yang semakin hari semakin canggih. Selain untuk pelajar teknologi digital juga diperlukan untuk mahasiswa, para mahasiswa biasanya menggunakan teknologi digital dalam bentuk laptop dan proyektor.

KESIMPULAN

Dengan berkembangnya jaman menjadi lebih modern dan canggih membuat segala hal yang kita inginkan dan kita butuhkan menjadi lebih mudah untuk didapatkan. Namun sebagai pengguna yang bijak kita harus bisa menggunakan teknologi terutama teknologi digital dengan lebih baik. 

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top